Jumat 13


DI BALIK MITOS “JUMAT TANGGAL 13”


Sobat, banyak orang yang percaya bahwa angka 13 merupakan angka sial. Selain itu, lebih banyak lagi yang percaya bahwa JUMAT TANGGAL 13 itu adalah hari paling sial. Jika mitos tersebut benar, berarti 2009 merupakan tahun yang luar biasa sial. Sebab di tahun itu, memiliki hari jumat tanggal 13,tepatnya pada bulan Pebruari, Maret , dan Nopember. Benarkah??. Tetapi di tahun 2013 ini hanya ada satu hari jumat tanggal 13 yaitu pada bulan September.

Tahukah kalian?, jika hari jumat tanggal 13 tiga kali dalam setahun , merupakan peristiwa langka yang hanya terjadi 11 tahun sekali. Tetapi tahukah kalian, jika asal – muasal Jumat tanggal 13 dihubungkan dengan kesialan, sama sekali tidak jelas.

Salah satu pendapat yang mengemuka di hubungkan sejak masa Injil, yaitu adanya orang yang hadir di peristiwa perjamuan makan malam terakhir , ketika Yudas mengkhianati Yesus.
Ada pula yang menghubungkan dengan mitos dewa-dewa Viking, dimana anak ke-13 Dewa Odin, yaitu Loki, akhirnya berkhianat dan menyebabkan peristiwa Ragnarok. Atau matinya semua Dewa Viking saat perang melawan monster es.
Sejak abad pertengahan, hari Jumat tanggal 13 telah di anggap sebagai pertanda nasib buruk. Sebab banyak yang percaya, jika pada saat itu setan-setan dari neraka terlepas ke dunia. Sementara pada masa modern saat ini, takhayul ini mersap semakin dalam di masyarakat.
Sebagai contoh : banyak rumah sakit  yang tidak memiliki kamar bernomor 13, sementara itu banyak gedung bertingkat menamai lantai ke-13 dengan 12A atau melompatinya menjadi lantai 14. Bahkan sejumlah terminal Bandar udara menghilankan Gate 13.

Menurut para ahli numerology, angka 13 dianggap mengalami kesialan, karena posisinya setelah 12. Sebab di angka 12 di anggap sebagai angka komplet. Karena angka 12 dapat di temukan pada 12 bulan dalam setahun, 12 zodiak, 12 Dewa Olympus, 12 murid Yesus, 12 Shio, 12 tugas Hercules, 12 suku Israel, 12 telur dalam satu lusin, dan lain sebagainya.

Oh ya, takut terhadap hari Jumat tanggal 13 disebut PARASKAVEDEKATRIAPHOBIA atau juga di kenal FRIGGATRISKAIDEKAPHOBIA. Sementara TRISKAIDEKAPHOBIA adalah takut pada angka 13.

Nah sobat, bagaimana dengan kalian? Apakah termasuk yang percaya tahayul sialnya angka 13 dan hari Jumat tanggal 13 ?!?!

0 Comments:

Post a Comment