Masalembo Triangle


Hai sobat I-Lee kita akan mengusut tentang daerah misterius di Negara kita sendiri.
Segitiga Bermuda telah lama di kenal oleh masyarakat dunia. Namun, jangan di kira daerah misterius hanya ada di Bermuda saja, lho. Negara kita juga memliki segitiga misterius, yang tak kalah dengan segitiga Bermuda. Mau tahu ??
Telah berulang kali terjadi kecelakaan maut, yang menimpa pesawat terbang dan kapal laut KM Tompas mas II tahun 1981, tenggelamnya kapal Senopati Nusantara, lalu jatuhnnya Adam Air. Semuanya di duga pada kawasan yang sama, di seputar Masalembo.
Pulau Masalembo sebenarnya sebuah pulau kecil yang berada di ujung Paparan Sunda. Pulau-pulau kecil ini berada di daerah “pertigaan” laut, yaitu Laut Jawa yang berada di sebelah Barat dan Timur dengan Selat Makasar yang memotong berarah Utara-Selatan. Pola kedalaman Laut di Segitiga Masalembo ini sangat jelas menunujukkan, bentuk segitiga sama sisi.
Nah sobat I-Lee, ada apa saja di daerah seputaran Segitiga Masalembo ini? Coba kita lihat dari sisi ilmiahnya saja.
Ternyata, di daerah segitiga Masalembo ini, merupakan pertemuan arus-arus laut yang berbeda suhunya. Selain itu, dasar laut wilayah Segitiga Masalembo yang berbeda-beda kedalamannya, juga di anggap bisa mempengaruhi keadaan lautan. Karenanya, sering timbul pusaran angin, badai, tau gangguan alam lainnya, secara tiba-tiba. Gangguan itu terutama sering terjadi pada awal tahun, saat arua-arus laut mengalami perubahan suhu dan lainnya. Yah, tentu saja berbagai factor alam ini akan sangat memengaruhi pelayaran di wilayah itu.
Kalau di bandingkan dengan segitiga Bermuda, sebetulnya lokasi segitiga Masalembo tidaklah menunjukkan keanehan. Sepertinya misteri segitiga Masalembo lebih di tentukan factor gangguan alamiah dan bukan mistis . yang mungkin paling dominan adalah factor meteorolgis termasuk di dalamnya adalah angin, hujan, awan, kelembapan air, dan suhu udara, yang mungkin memang merupakan akibat dari keadaan alam di sekitar sana yang sangat unik.
Kalau memang Masalembo Triangle ini banyak menimbulkan masalah transportasi, tentunya perlu di pasang rambu-rambu lalu lintas laut, mercusuar, dan radar pengamat yang lebih canggih. Usahakan tidak  melewati wilayah ini pada awal tahun. Juga tak kalah penting, selalu di siapkan pasukan penyelamat yang terampil dan siap setiap saat, untuk memberikan pertolongan. Setuju kan, sobat I-Lee ?!?!

0 Comments:

Post a Comment